Jumat, 11 September 2009

Cerita dan Tips Sehat Saat Berpuasa Ala Ginanjar

Menu makanan saat berpuasa tentunya sangat mempengaruhi kondisi fisik kita disaat sedang menjalankan ibadah puasa beserta segala rutinitas yang ada. Menu makananpun dapat mempengaruhi tingkat kekhusyu'an saat menjalankan ibadah-ibadah dalam bulan suci dan dapat juga dijadikan sebagai program diet sehat yang tak terasa dilakukan. Kali ini saya ingin berbagi cerita dan tips dalam memilih menu makanan untuk berpuasa yang tengah dijalankan penulis dan berefek cukup baik bagi kondisi fisik saya.Diawalai dari sahur, saat sahur saya hanya makan sedikit nasi dan banyak sayur serta lauk yang memiliki kadar protein yang tinggi, seperti ikan, ayam dan sebagainya. Selesai sahur langsung dilanjutkan dengan minum segelas susu yang low fat dan high protein tentunya.
Saat buka puasa, saya berbuka dengan dua gelas air putih dan 3 buah pisang. Setelah berbuka dengan makanan pembuka dan dilanjutkan dengan sholat maghrib, saya langsung menyantap makanan inti berupa sedikit nasi dan lebih banyak sayur-sayuran dan ditutup dengan makanan penutup berupa buah-buahan, seperti : jeruk, mangga, pepaya atau anggur.
Menjelang tidur saya membiasakan diri untuk minum teh rosella yang kaya akan manfaat, begitulah mungkin cerita mengenai beberapa menu makanan yang selama berpuasa dikonsumsi oleh penulis dan Alhamdulillah dalam menjalankan puasa, penulis tetap dalam keadaan fit walaupun dengan rutinitas yang cukup padat dan Alhamdulillah baru 20 hari ini penulis menjalankan puasa, sudah 2,5 kg berat badan saya turun.
Namun disamping itu semua ada beberapa hal yang juga dilakukan oleh saya, diantaranya :
a. Minum air putih saat selesai makan.
b. Minum minimal 8 gelas air putih sehari.
c. Tidak makan makanan yang bersantan.
d. Tidak makan snack.
e. Tidak minum minuman dengan kadar gula yang tinggi atau minuman bersoda.
f. Tidak minum/makan minuman/makanan yang dingin / beku.
g. Mengkonsumsi buah selain buah durian, alpokat dan sejenis buah klengkeng.
h. Olah raga ringan, seperti jogging selama 15-25 menit saat 2 jam-30 menit sebelum buka puasa minimal 2 kali seminggu.
Demikianlah cerita dan tips singkat yang telah dilakukan selama berpuasa dan saya telah membuktikan efek positif dari itu semua walaupun saya tidak tahu jika kesemuanya itu ditinjau dari sisi medis, apakah baik atau tidak, namun itu semua hanyalah sekedar share penulis lewat tulisan singkat ini, semoga tetap bermanfaat bagi pembaca setia blog saya.

5 komentar:

  1. Tips yang bagus.
    Kalau buka langsung makan nasi bisa-bisa terkapar, dan sholat maghribnya bisa telat paling tidak waktu maghrib sudah mepet.
    Tapi kalau saya terbiasa dengan makan nasi setelah sholat terawih.

    BalasHapus
  2. bagus tuh bang ginanjar. itu namanya puasa....

    BalasHapus
  3. bisa dicoba tips ini sob, menarik sekali..

    terima kasih infonya, selamat berpuasa.

    BalasHapus
  4. @mas ikhsan : memang bagusnya sih setelah tarawih baru makan makanan inti, tapi saya kok ga kuat mas, he.....
    @kong jaya : iya pak terima kasih.....
    @albasri: silahkan aja di coba, namun saya ga tau sob kalo yang saya lakukan itu bagus/tidak dari sisi medis

    BalasHapus
  5. minum aer putih yang banyak iia kang, emang manjur... apalagi sambil nunggu buka puasa minumnya kang :) huehehhe.. canda kang :) pis

    BalasHapus