Minggu, 05 September 2010

Jangan Buru-Buru Dong Saat Tarawih ......

Tak terasa tinggal 4 hari lagi bulan yang penuh keberkahan akan segera berlalu, kenikmatan dan kekhusyu'an dalam menjalankan ibadah semoga senantiasa berkesinambungan dan terdapat kontinuitas di bulan-bulan berikutnya. Begitupun kenikmatan dan kekhusyu'an dalam menjalani Sholat, yang diantaranya adalah Sholat Lail (tarawih), selama menjalankan Sholat Tarawih, malam ini adalah malam kedua dimana saya bisa merasakan kenikmatan dan kekhusyu'an dalam menjalankan ibadah sunnah yang dianjurkan tersebut. Kenapa tidak, selama ini Sholat berjama'ah yang dilakukan pasca Sholat Isya tersebut, hampir gerakan dan bacaan sholat yang disampaikan Imam Sholat terkesan terlalu terburu-buru dan serba cepat. Sayapun terkadang tidak habis fikir kenapa buat laporan sama Sang Khalik kok kaya berada di sebuah lintasan balap??? semuanya serba cepat, kilat dan seolah-olah terkesan tepat. Memangnya apa yang mau dikejar????? Apa takut ketinggalan acara sinetron ya??? he......
Pengalaman lucupun pernah terjadi, disuatu waktu saat sedang menjalankan Sholat Tarawih salah satu ma'mum jama'ah Sholat Tarawih ada yang sampai muntah-muntah dikarenakan cepatnya gerakan dan bacaan Sholat. Padahal jarak antara berbuka puasa dengan Sholat Tarawih hanya berselang antara 45 menit - 1 jam, dan proses pencernaan makanan dalam tubuh belum sempurna, sehingga rasa mual pun akan timbul saat melakukan gerakan-gerakan yang lebih atraktif, apalagi bagi mereka yang terlalu over saat berbuka puasa yakni dengan mensuplai makanan yang terlalu banyak.
Sejatinya kekhusyu'an dalam menjalankan Sholat haruslah tercipta dengan sendirinya walaupun itu hanyalah Sholat sunnah, bertuma'ninah dalam menjalankan Sholat juga merupakan salah satu rukun dalam menjalankan Sholat. Maka dari itu gerakan dan bacaan dalam menjalankan ritualitas tersebut sudah seharusnya dilakukan dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan rukun dan wajibnya Sholat. Uswah kitapun saat menjalankan Sholat Tarawih, surat yang dibaca setelah membaca surat Al-fatihah, berjumlah 100 ayat. Jadi jika ingin menjalankan sunnah-sunnahnya sudah seyogyanya untuk jadi followernya secara konsisten, minimalnya dengan menjalankan tuma'ninah dalam Sholat karena tuma'ninah merupakan rukun Sholat. Jadi disini saya ingatkan kepada semua imam Sholat, terutama imam Sholat Tarawih, " Mbok jangan balapan ........".

5 komentar:

  1. Walaupun sunnah .. mestinya tetap dijaga kualitasnya....

    BalasHapus
  2. hahha.. kayak di arena aja.. malah sebenrnya yang sering ga dari imam, tapi dri ma'mum yang ingin cepet2 pulang...

    BalasHapus
  3. hehehe,,...bener shob, memang harusnya tidak balapan (tuma'ninah/berhenti sejenak) itu rukun shalat... :)

    BalasHapus
  4. imamnya serba sulit. ...
    kalau lambat diprotes ..
    dipercepat juga kena protes ....

    sekalian mengucapkan
    selamat hari raya idul fitri
    mohon maaf lahir bathin ...

    BalasHapus
  5. itung2 senam abis buka
    Happy Idul fitri

    BalasHapus