Jumat, 11 Maret 2011

Tak Sekedar Expert, Maka Kreatiflah...

Hiruk pikuk para pelamar kerja yang terjadi di negara ini seolah telah menjadi tontonan masyarakat yang sangat umum, lebih dari 1000 mahasiswa tiap tahunnya diluluskan dari gelar kesarjanaannya atau diplomanya. Memang lowongan pekerjaan terdapat hampir disetiap perusahaan, bursa kerjapun dengan gencar diadakan, ada yang dengan sistem kontrak, outsourcing maupun langsung menjadi pegawai tetap. Namun jika membandingkan antara jumlah lowongan dan jumlah pelamarnya bisa dikatakan 1 banding 10 atau bahkan lebih, maka tidak sedikit pula dari mereka yang tidak segan-segan menggunakan jalan TOL guna menggilas para pesaing mereka demi mendapatkan pekerjaan yang menurut mereka menjanjikan.

Opini masyarakat pada umumnya mengatakan bahwa sudah seharusnya mereka yang telah menempuh studi ke perguruan tinggi untuk dapat bekerja dikantoran dengan ruangan ber AC dan berpenampilan rapi dan bersih. Opini tersebut jelas sangatlah keliru, mereka harus memahami esensi dari studi ke perguruan tinggi, yang sebenarnya adalah untuk menambah ilmu pemahaman dan pengalaman, memperbanyak relasi, memperkuat moralitas dan etika, serta mempertajam analisa untuk dapat mengambil suatu keputusan yang lebih baik. Sangat disayangkan sekali memang jika kaum intelek yang telah selesai menempuh studinya dengan mudah terbius oleh opini yang sangat keliru. Jika telah dapat memaknai esensi kuliah yang sangat substansial tersebut tentu menuntut ilmu tidak akan terlalu dikait-kaitkan dengan pekerjaan, bisa saja seorang mahasiswa lulusan teknik mesin memiliki pekerjaan sebagai kontraktor, mahasiswa lulusan teknik otomotif memiliki cv untuk pembuatan sistem komputer, mahasiswa lulusan komputer memiliki usaha di bidang agribisnis dan lain sebagainya.
Kreativitas adalah kunci yang sebenarnya harus dimiliki oleh setiap orang terutama mereka yang mengaku kaum intelektual, di perusahaan, instansi pemerintahan (mungkin) maupun dunia bisnis membutuhkan orang yang memiliki kreativitas yang tinggi. Menjadi seorang expert sekarang bukanlah sesuatu hal yang istimewa dan bisa dianggap biasa saja, namun yang sekarang dibutuhkan adalah menjadi seorang versatile.
Dengan kreativitas area dalam berkiprah bisa dikatakan nyaris tak terbatas. Dimana saja, kapan saja seseorang bisa mencipta peluang dan berkiprah. Tidak perlu menunggu lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan jurusan sewaktu kuliah atau sekolah. Kalaupun telah bosan dengan lamaran untuk mencari pekerjaan yang berulang kali dikirimkan namun tak kunjung di tanggapi kenapa tidak mencoba untuk membuka lowongan pekerjaan saja?? Itulah kreativitas.

Memang Rasulullah mengingatkan pada kita untuk memberikan urusan pada ahlinya, karena jika tidak maka kehancuran telah menunggu, namun sebenarnya yang diinginkan Nabi justru agar kita sebagai umatnya harus memiliki kreativitas yang tinggi hingga menjadi seorang yang versatile. Nabi juga ingin menunjukkan kepada kita bahwa sebenarnya kita memiliki potensi yang luar biasa diluar jurusan yang selama ini ditekuni pada jenjang pendidikan. Jadi, yang terpenting sekarang adalah lakukan aktivitas yang positif untuk melahirkan suatu kreativitas agar dapat bermanfaat untuk kemaslahatan bersama.

7 komentar:

  1. nice post.thank you for sharing this good information

    BalasHapus
  2. artikelnya menarik..terus berkarya...


    kunjungi kami..
    http://www.4presentation.net/

    BalasHapus
  3. benar sahabat saya merasakan jelas dan nyata apa yang terjadi di indonesia, saya perhatikan menurut kaca pandang saya bahwa indonesia selalu saja memberikan modal asing yang menanam saham dan memerikan otoritas besar layaknya pemasaran bebas baik industri maupun bisnis, namun mengapa rakyatnya sendiri sulit menerima kebebasan atau kemudahan untuk membantu membangun bangsa ini dengan bekerja diperusahaan-perusahaan yang pemiliknya jelas negara lain, hal ini menjadikan sebuah tanda tanya besar, mengenai sebab jelas peerintah memerlukan pajak penguasaha asing dan merengkut juga pajak rakyat, dan tentu harus dimusyawarahkan baik kepala daerah setemppat atau gubernur juga pemerintahan pusat baik MPR maupun DPR.

    membahas mengenai studi belajar, menurt saya baik studi rendah ataupun tinggi bila mampu kita berkreatif juga pintar dan memiliki keahlian, maka sudah tentu ada jalan baik untuk bisa berusaha dan bekerja, bahkan ada hanya sebagai pelajar pendidikan SD yang sudah menjabat profesinya diperusahaan besar sebagai manager dan ini terbukti di daerah Depok saya lupa PT apa dan namanya siapa dan ada juga yang bahkan tidak sekolah namun ada pendidikan dari keluarga yang mendidiknya baik orang tua atau guru mengajinya saja, namun mereka tetap sukses karena ilmu diamalkan dengan baik, o iya perguruan tinggi benar seperti yang anda katakan, dan saya simpulkan baha pendidikan adalah untuk menambah pengetahuan atau wawasan saja dan semua ilmu yang didapatkan bagaimana kita bisa untuk mengelola dengan baik, jika ingin berkanjut keperguruan tinggi maka liat kemampuan kita baik pikiran atau ekonomi, dan inti dari perguruan tinggu juga hanya untuk menambah jenjang lebih tinggi dari wawasan sebelumnya, dan hasilnya sama tergantung kemampuan kita setelah lulus apakah bisa memberikan hasil yang baik pula untuk menajadi profesional.

    dari pembahasan paragraf trakhir anda, saya juga setuju karena dengan hal itu akan menjadikan seseorang yang lebih baik dan berguna untuk masa depan dan kemajuannya dari usaha, doa, ikhlas menerima dari kemampuan yang telah diaktivitaskan dengan maksimal, yang terpenting benar menurut kata anda yaitu kreativitas dan hal itu sangat penting, coba bila hal tersebut banyak mengerti dan memahami, maka hasilnya sudah pasti banyak yang suskes, oke sahabat hanya itu saja yang bisa saya tambahkan untuk mengoentari artikel anda tentang tak sekesar expert maka kreaiflah bagus jga judulnya, yang meudah-mudahan isinya banyak pengunjung yang membaca dan bisa meeladani dalam arti untuk bisa berfikir lebih postitif. teriakasih dan salam ukhuwah sahabat.

    BalasHapus
  4. jasa buat account google adsense hanya 30rb,berminat?calls/sms 02168936593,stelah account jd..baru byr..

    BalasHapus
  5. posting yang bagus kawan..

    BalasHapus
  6. artikel yang menarik
    ingin bertukar link???
    add link saya dulu ^_^
    visit Online Unsolved Mysteries Story

    BalasHapus
  7. hai salam kenal min, corner mystery visit yaa min :-D

    BalasHapus