Selasa, 25 Agustus 2009

Estetika Dasar Bagi Blogger

Dengan pesatnya perkembangan zaman tentunya setiap manusia dipermudah dalam menyelesaikan/menangani berbagai problematika hidup yang cukup kompleks dan variatif. Tak terkecuali saat ingin share di buku catatan/diary. Dengan media internet setiap orang bisa menyalurkan berbagai ide, kreativitas, argumentasi bahkan share dengan cara menuliskannya secara online. Itulah yang biasa disebut dengan blog. Blog sendiri berasal dari kata Web Log, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Adapun yang dinamakan dengan blogger adalah para pemilik blog itu sendiri.
Namun menurut penulis, dalam membuat suatu blog pada dasarnya terdapat beberapa aturan atau estetika dasar agar setiap pengunjung bisa merasa nyaman dalam melakukan surfingnya, diantaranya :
1. Tema Postingan
Tema yang ditulis hendaknya berdasarkan ide kreatif dari blogger sendiri / tidak asal copy paste, kalaupun melakukan copy paste hendaknya disertai sumbernya.
2. Konten Postingan
Konten postingan tidak boleh menyakiti/merugikan pihak tertentu, karena urgensi dari bogging selain dari menulis adalah untuk mencari rekan di cyberworld guna menambah pengetahuan/ilmu.
3. Komentar
Komentar yang diberikan pada suatu postingan seharusnya berupa saran/kritik demi sempurnanya tema suatu tulisan.
4. Buku Tamu/Guest book
Setiap halaman blog sudah seharusnya di pasang buku tamu yang digunakan untuk menyapa sesama blogger demi solidnya hubungan komunitas sesama blogger.
5. Update Postingan
Sudah seharusnya para blogger agar mengupdate tulisannya (minimal sebulan sekali) demi bertambahnya pengetahuan sesama blogger dan agar pengunjung tidak merasa bosen dengan kontennya yang monoon.
Mungkin begitulah menurut saya estetika dasar yang harus dimiliki oleh rekan-rekan blogger. Semoga hubungan kita sebagai sesama blogger semakin solid.

12 komentar:

  1. salam sobat
    mungkin saya ,,sudah melakukan ke 5 dasar tersebut,,semoga blog saya termasuk memenuhi estetika dasar blogger.

    salam kenal dari NURA
    saya follow ya,,,ditunggu follow backnya sobat.
    selamat berpuasa.

    BalasHapus
  2. Bagus bu kalo gitu, namun tetap harus berusaha untuk menjadi lebih baik tentunya. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Nah yang no.3 kali yah yang dapat membuat kita menjadi lebih baik lagi. tidak hanya sekedar komen ngawur, sblum komen kan kita baca lengkap dulu biar tau isinya secara utuh baru komen dah. yang kita butuhkan PERBAIKAN kan...?

    BalasHapus
  4. mantap dan sangat berguna...hidup item!!

    BalasHapus
  5. Setuju pak.... insya Allah akan saya 'LAKSANAKAN' ....
    siaaaaaap .....
    he he he ...
    salam ramadhan.... kangen juga nih udah lama ga nengok2, pakabar, semoga sehat-sehat selalu, salam untuk kel. semua

    BalasHapus
  6. @Tuan raja : tepat sekali pak, komen itu seharusnya berupa saran dan kritik demi sempurnanya suatu postingan.
    @suaidi : Terima Kasih....
    @kebunsaida : Terima kasih, Alhamdulillah kabar baik, saya berharap bapak pun demikian, salam Ramadhan juga pak....

    BalasHapus
  7. Sama-sama pak, sukses selalu juga.

    BalasHapus
  8. mantap mas postingannya..sekaligus mengingatkan teman-teman yang lain agar tidak sekedar berkunjung tp juga kalau bisa meninggalkam komentar yang sifatnya kritik membangun...untuk buku tamu antara yach dan tidak sich..maksudnya sayapun memasang buku tamu..tapi saya juga tdk tersinggung bila main ke blog sahabat ternyata tdk ada buku tamunya...karna ternyata ada beberapa sahabat yang belakangan justru menghapus buku tamunya dengan alasan semakin lama semakin memberatkan loading blog ...yg terpenting menghindari tangan-tangan nakal...mungkin sdh ada yang pernah mendengar hal ini...wach terlalu panjang ya mas sory....

    BalasHapus
  9. @mybisnis: trims atas komentnya n info barunya mengenai pengaruh buku tamu terhadap proses loading, namun yang saya maksud disini bukan masalah proses loadingnya, buku tamu yang saya maksud bertujuan sebagai media untuk mengembangkan link antar sesama blogger.

    BalasHapus
  10. terima kasih pak untuk tipsnya.
    unutk point #1, ada beberapa teman blogger suka copas, dan seringkali benar2 copas tanpa menyebutkan sumbernya. sangat disayangkan.
    untuk point# 5, sebaiknya sih jangan sebulan sekali..hehe. sebisa mungkin 2 minggu sekali, atau seminggu sekali. memang kadang2 kita suka kehilangan si 'AHA' alias ide. makanya saya salut sama teman2 blogger yang bisa update blognya tiap hari (yang tentunya kualitas entrynya juga bagus, bukan hanya posting).

    salam sukses pak..

    BalasHapus