Kamis, 14 Januari 2010

Stagnasi Dalam Rapat Pansus

Menonton televisi yang kerap sekali menayangkan rapat pansus hak angket Century, membuat saya akhirnya menuliskan postingan yang mungkin isinya garing ini, bagi saya penegakan judgement bagi siapapun adalah sesuatu hal yang sangat penting (walaupun ada sang Maha Adil), membuat yang yaqin dan yang bathil terkuak juga sesuatu hal yang tidak bisa diremehkan (walaupun ada sang Maha Tahu), begitupun dengan membuat segalanya lebih transparan khususnya untuk urusan keuangan negara (biar ga ada rasa su'udzon antara masyarakat dengan para petinggi negara atau bahkan penyelewengan/penyunatan uang negara). Namun dari sudut pandang saya sendiri, urusan negara mengenai rapat tentang penggelapan dana atau perampokan yang terjadi di BI terkait dengan pengucuran dana bank Century kelihatan naif jika selalu ditayangkan secara live lebih dari 2 jam di beberapa stasiun televisi, bahkan hempir setiap berita yang ada di televisi selalu menggambarkan situasi yang terjadi dalam rapat tersebut dalam durasi lebih dari 10 menit.
Bagi saya sendiri dan mungkin masyarakat lain sudah merasa jenuh melihat tontonan yang stagnan dan itu-itu saja tanpa adanya perkembangan yang begitu signifikan. Terus terang saya tidak mendapatkan profit dari tontonan monoton tersebut (baik berupa pengalaman, pengetahuan atau bahkan duit, he he he...).
Memang sah-sah saja dan telah menjadi keharusan media untuk memberi berita dengan kualitas baik bagi masyarakat Indonesia tentang ketransparanan negara. Namun tidak serta merta acara tersebut ditayangkan dengan durasi yang lama tanpa memberi manfaat yang jelas bagi penontonnya, bagi saya durasi acara tersebut haruslah dikurangi dengan intensitas penayangan sewajarnya. Karena pada dasarnya saya sendiri dan bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya akan lebih interest dengan acara televisi yang menambah banyak knowledge, experience atau acara yang dapat memunculkan fresh idea yang dapat menumbuhkan kreativitas bagi para penontonnya. Mungkin masyarakat dan saya sendiri butuh acara-acara seperti itu guna menunjang serta memberi inspirasi untuk mengaplikasikan segala hal tentang knowledge dan expertise yang telah dimiliki. Masyarakat ga cuma butuh berita tentang penayangan rapat yang membahas tentang keuangan negara yang entah raib di rampok siapa namun masyarakat justru membutuhkan penayangan yang lebih berkualitas dibanding dengan rapat pansus Bank Century, (mudah-mudahan aja ga garing, he he he......).

1 komentar:

  1. pertamax gan.. gak garing... analisa dan pemaparan yang bagus... bener banget... membosankan banget lihat TV yang isinya itu-itu terus...century lagi, century lagi... gak ada apa tayangan yang lebih menyegarkan otak... males banget lihat pemerintah ngomong gak jelas dan semakin membingungkan saja...

    BalasHapus