Minggu, 27 Desember 2009

Pemanfaatan Internet Dalam Sistem Penjualan

Dalam dunia bisnis, penjualan merupakan salah satu hal pokok yang lebih diproritaskan, ini dikarenakan akan mempengaruhi keberlangsungan suatu perusahaan. Banyak cara yang ditempuh dalam melakukan penjualan, namun hanya dengan pemanfaatan teknologi saja sistem penjualan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Salah satu alternafif dalam menjalankan penjualan dengan pemanfaatan teknologi tersebut yaitu dengan menggunakan internet. Tidak sedikit perusahaan yang telah memanfaatkan media internet tersebut guna memberikan service dan informasi valid dalam melakukan sistem penjualan.
Tidak diragukan lagi, dengan pemanfaatan internet, sistem penjualan ataupun transaksi memberikan dampak positif bagi perusahaan maupun konsumen, bagi perusahaan pangsa pasar dapat meningkat, cost untuk operasional dan paper base dapat dipangkas, promosi dapat dilakukan secara efektif dan efisien yang akan memberikan dampak positif bagi perusahaan yaitu dengan bertambanya profit bagi perusahaan. Demikian pula bagi konsumen, konsumen merasa dimudahkan dan dimanjakan dalam melakukan transaksi secara on-line.
Memang saat ini banyak cara yang ditempuh perusahaan bersakala kecil ataupun menengah guna promosi penjualan di internet, seperti : promosi melalui situs jejaring maupun melalui blog. Namun sebenarnya cara tersebut kurang bisa menjangkau pangsa pasar serta tidak bisa memberi kemudahan ataupun memanjakan konsumen dan calon konsumen.
Salah satu cara yang dirasa lebih efektif yaitu dengan membuat sebuah portal web, misalkan dengan pemanfaatan e-commerce. E-commerce sendiri merupakan bagian dari e-bisnis yang lebih menspesifikasikan pada transaksinya, dengan memanfaatkan e-commerce banyak dampak positif yang akan dirasakan baik untuk perusahaan maupun untuk konsumen.Pada dasarnya setiap media punya pangsa pasar sendiri-sendiri, demikian juga dengan media internet, tidak sedikit konsumen yang melakukan pembelian atau transaksi di dunia maya, ini dikarenakan kemudahan yang didapatkan serta jumlah barang yang sangat variatif. Dengan melalui media internet tersebut, tidak hanya barang saja yang ditawarkan melainkan jasa juga.
Sekarang sudah saatnya perusahaan anda merajahi dunia maya dengan membuat portal web guna menambah profit perusahaan.

2 komentar:

  1. donate my friend! :)
    http://choiblog-lienketlogo.blogspot.com/2010/01/sitemap-anjar-kluwutblogspotcom.html

    BalasHapus