Sabtu, 12 Desember 2009

Pilihan Tuk Jadi Jutawan

"Hidup adalah pilihan...." itulah memang salah satu ungkapan yang benar adanya, terutama jika kita menelisik pada fenomena yang tengah terjadi pada bangsa ini, bahwa hampir 90% masyarakat kita bercita-cita untuk menjadi karyawan terutama bagi mereka yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan SMU-Perguruan Tinggi (D1-S1). Kenapa tidak, kita lihat dan perhatikan saja betapa sesaknya para pendaftar yang mengikuti tes CPNS tahun ini, dan hanya berapa persennya saja yang lolos jadi PNS (tidak lebih dari 10%), lalu kemana orang-orang yang tidak berhasil lolos mengikuti tes CPNS?? Menganggur?? mungkin, padahal tetap saja orientasi dari mereka semua adalah mendapatkan profit sebanyak mungkin.
Jumlah penganggur di nusantara tercinta ini tiap tahun selalu meningkat, berdasarkan data yang didapat penulis bahwa jumlah penganggur lulusan sekolah menengah terus meningkat dari 2,1 juta orang pada tahun 1997 menjadi 2,5 juta orang pada tahun 2000. Peningkatan jumlah penganggur ini juga terjadi pada lulusan perguruan tinggi , tidak kurang dari 250 ribu penganggur lulusan sarjana tiap tahunnya, 120 ribu lulusan Dipoma III dan 60 ribu lulusan Diploma I dan II. Masalah kemudian timbul karena ternyata hanya 10 s/d 15% nya saja yang dapat terserap dunia kerja dan industri.
Maka hanya dengan ber-entrepreneurlah problematika diatas dapat terjawab. Untuk menjadi wirausahawan tidak ada kriteria yang mengharuskan bahwa pelaku merupakan lulusan universitas favorit, ipk cumloud, keturunan pengusaha atau apapun, semua orang bisa jadi wirausahawan. Pemilik Microsoft : Bill Gates, CEO Oracle: Lawrence Larry Ellinson, Pemegang saham kedua Microsoft: Paul Ellen, Pemilik Yahoo : Jerry Yang dan David Filo, Pemilik Google : Larry Page dan Sergey Brin, Pemilik Amazon.com : Jeff Bezos serta di Indonesia ada Purdi E Chandra, Bob Sadino dan sebagainya yang merupakan beberapa contoh para pengusaha sukses dengan dedikasi terbaik yang merangkak usahanya dari nol tanpa mengandalkan ijazahnya dan bahkan sebagian dari mereka merupakan drop out perguruan tinggi. Ber-entrepreneur juga memiliki peluang sukses dan mendapatkan profit yang banyak jika dibandingkan menjadi karyawan yang tiap bulannya mendapatkan gaji tetap (comfort zone), itu semua tergantung pada kerja keras serta kreativitas kita.
Berdasar atas survey dan riset terhadap para jutawan, pada dasarnya ada lima cara agar menjadi kaya, yang dimulai dar nol.
1. Menjadi Pengusaha (Entrepreneur)
Jalan nomor satu menuju kekayaan, diperingkat teratas dan puncak parade sepanjang sejarah kehidupan adalah kewirausahaan, kewirausahaan termasuk segala macam bisnis, dari bertani, jasa angkutan, real estate, komputer dan sebagainya.
2. Menjadi Eksekutif
Cara lain menjadi kaya adalah menjadi eksekutif yang dibayar mahal oleh sebuah perusahaan sukses yang saham-sahamnya sangat berharga.
3. Menjadi Seorang Profesional
Kita dapat menjadi jutawan dengan menjadi seorang profesional yang dibayar mahal, seperti : dokter, pengacara, arsitek, akuntan dan orang dengan gelar lain yang membebankan tagihan tinggi atas jasa mereka.
4. Menjadi Penjual
Suatu sumber penting dari mereka yang menjadi jutawan atas usaha sendiri adalah para tenaga penjual dan konsultan penjualan.
5. Lainnya
Sisa dari mereka yang menjadi jutawan adalah atas usaha sendiri yang mencakup semua orang yang menghasilkan uang dari bursa saham, melalui penemuan, penulisan buku dan lagu serta menang undian.
Maka prosentasenya adalah sebagai berikut :
1. Memiliki usaha sendiri 74%
2. Posisi Eksekutif Senior 10%
3. Dokter, Pengacara dan profesi lainnya 10%
4. Tenaga penjual dan konsultan penjualan 5%
Dari penjelasan diatas, jika yang dicari adalah profit tentunya peluang terbesar untuk mendapatkan profit sebesar-besarnya ada pada wirausahawan, sekarang pilihan ada ditangan pembaca apakah mau jadi wirausahawan, eksekutif, profesional, tenaga penjual, tenaga lainnya atau merangkap diantaranya. Namun dalam hal ini penulis hanya berpesan bahwa apapun yang kita yakini untuk mendapatkan profit, tekunilah dan bersabarlah serta kerjakanlah yang terbaik untuk kita ataupun untuk perusahaan.


5 komentar:

  1. pengen sih jadi jutawan, tapi rizky g punya kemampuan apa2

    BalasHapus
  2. asah kemampuan dan keterampilan kita... karena sesungguhnya hal ini yang membuat kita jadi jutawan....
    Setuju ????

    BalasHapus
  3. dapat satu burung memamng lbh baik dr pd 9 burung lepas..

    BalasHapus
  4. postingan yang bisa nambah motivasi..

    BalasHapus