Senin, 23 Februari 2009

Bangkit dan Semangatlah para Rocker

Musik merupakan salah satu jenis hiburan yang dapat menjadikan hidup seseorang lebih bergairah, bersemangat dan berenergi. "Dunia Tanpa Musik Terasa Hampa", begitulah khalayak umum menyikapi dan mengomentari betapa pentingnya hidup dengan mendengarkan dan menikmati musik. Musik disamping bisa menambah spirit juga bisa untuk menghilangkan rasa suntuk, sepi dan bisa mengobati stres dan kepenatan hidup, dengan musik hidup serasa lebih fresh.
Walaupun demikian setiap orang juga mempunyai hobi tersendiri dalam menikmati aliran musik, beberapa banyak yang sangat senang dengan aliran musik Rock, Pop, Hip hop, Rap, Punk, Keroncong hingga dangdut, mereka yang benar-benar nge-fans dengan aliran musik tertentu berusaha agar setiap kali berpenampilan dapat menunjukan karakter dari aliran musik yang mereka kagumi. Tetapi disini penulis hanya akan sedikit membahas tentang aliran musik Rock yang sedikit telah membias.
Musik Rock (cadas) merupakan aliran musik yang banyak dikagumi terutama oleh kalangan anak muda, karena aliran musik ini dapat memeberikan semangat serta energi tersendiri bagi pencintanya. Memang jika dipandang sebelah mata, masyarakat kita banyak yang menilainya sebagai aliran musik urakan, setan, membuat telinga tuli dan tidak bisa dinikmati . Tetapi sepertinya sekarang sudah saatnya mereka berfikir ulang dalam mengomentari musik Rock, karena terdapat beberapa manfaat bagi mereka yang memang benar-benar mencintai musik rock diantaranya pada sebuah riset terbaru yang dilansir dari Sciencedaily, Minggu (08/04) menyebutkan, penggemar musik rock ternyata lebih bisa meredam emosi negatif, dan lebih ekspresif, dan lebih bisa meluapkan kemarahannya. Kajian lebih lanjut tentang selera musik dan perilaku para siswa ini kembali dilakukan oleh Stuart Cadwallader, dari Warwick University, yang meneliti sekitar 1.057 murid dari usia antara 11 dan 18 tahun, dan meneliti hubungan mereka dengan keluarga, perilaku di sekolah, bagaimana mereka menghabiskan waktu santai, musik kesukaan, dan jenis media yang mereka konsumsi.
"Selama ini selalu ada persepsi yang menyatakan murid yang cerdas dan memiliki intelijensi tinggi cenderung didominasi mereka yang suka musik klasik dan menghabiskan banyak waktu untuk membaca. Sementara mereka yang menyukai musik Rock jarang memiliki potensi akademis yang cukup baik. Namun, hasil survei yang telah dilakukan, berbalik dengan persepsi tersebut," papar Cadwallader.
"Dalam survei, kami meneliti sebuah kelompok dengan rata-rata self-esteem (harga diri) yang lebih rendah cenderung memiliki sikap tak teratur. Dan untuk melepaskan ketegangan dan rasa rendah diri yang menganggu, musik beraliran Rock, menjadi pilihan mereka," tambah Cadwallader yang meneliti siswa dari National Academy. Studi ini juga mengungkapkan, mereka yang menikmati musik Rock cenderung mengalami kesulitan untuk menjalin hubungan dengan keluarga dan teman-teman mereka. Dan mereka menjadikan musik sebagai media 'keterbukaan' mereka. Sebagian besar murid mengatakan mereka tidak mempertimbangkan untuk menjadi penganut yang sejati tapi musik Rock memahami aspek spesifik kebudayaan pemuda saat ini. Dengan menggunakan musik yang keras dan agresif, mereka bisa keluar dan lepas dari rasa frustrasi dan kemarahan.
Walaupun siswa yang mengaku sebagai penggemar fanatik (Rocker) mengatakan musik Rock selalu menemami mereka dalam setiap kegiatan, namun mereka lebih sering mendengarkan musik tersebut saat mood (suasana hati) mereka buruk. "Mungkin tekanan yang selama ini dihadapi anak-anak berbakat namun rendah diri untuk sementara bisa terlupakan dengan bantuan musik. Dan tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik Rock untuk membantu membebaskan mereka dari emosi negatif," kata Cadwallader yang menyebut banyak musisi aliran Rock juga memiliki tingkat intelijensi tinggi seperti vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson, yang selain sebagai musisi, juga berprofesi sebagai novelis dan pilot penerbangan komersial.
Jika kita sekilas membahas tentang beberapa Grup Band yang beraliran Rock yang merajai dunia musik Internasional sudah barang tentu Group Band seperti GnR, Metallica, Skidrow, Helloween, Bonjovi dan sebagainya serta Gong 2000, Power Metal, Boomerang, Power Slave, Kaisar (Yang pernah merjai belantika musik Indonesia) dan lain-lain sudah barang tentu tidak asing di telinga kita. Dengan lantunan musik dan syair-syairnya yang bagus itu hingga menyentuh hati para pencintanya memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa lagu-lagunya bahkan sering mendapat nominasi terbaik dalam suatu acara tertentu dan sering dijadikan soundtrack dalam film tertentu serta sangat melegenda pula.
Tetapi jika kita sebagai pecinta musik Rock, agaknya sekarang ini kita sudah mulai agak bosan dengan lagu-lagu yang telah diciptakan para musisi lama pada tempo dulu, memang sudah saatnya para pemusik yang beraliran Rock itu untuk berkreasi agar bisa menciptakan sebuah lagu baru yang tidak asal-asalan yang bisa melegenda dan agar bisa meneruskan perjuangan dari para pendahulunya sebab kita atau saya yang salah satu pecinta musik Rock sudah sangat mendambakan lagu-lagu dari musisi Rock yang baru untuk Refreshing. Sekali lagi Bangkit dan Semangatlah para Rocker....

2 komentar:

  1. salam kenal mas.. saya dyka mahasiswa psikologi UNISBA-bdg, sedang ngambil skripsi ttg psikologi musik ini. mas punya buku atw artikel lebih banyak lg ga??? mohon bantuannya mas.. hehe. mungkin mas bs tlong share kan ke email saya dyk_matijevic2@yahoo.co.id
    makasih sblmnya y mas..

    BalasHapus
  2. salam kenal jg mas... waduh tp sayang mas, aq ga py referensi tentang musik mas, cba aja kunjungi websitenya IKJ atau ISI.

    BalasHapus