Senin, 06 Juli 2009

Teh Rosella yang kaya akan manfaat

Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam hidup, dengan raga yang sehat setiap manusia dapat menjalankan setiap rutinitas dan aktivitasnya sehari-hari, tak beda dengan sebuah kutipan "Mensana corpore sano" bahwa didalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk menjaga agar raga tetap sehat banyak kiat-kiat yang dapat menunjangnya, seperti : tidur yang cukup (berkualitas yang tidak bergantung pada lamanya waktu), olah raga teratur serta mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang tergolong dalam 4 sehat 5 sempurna. Tetapi dalam hal ini sayang ingin berbagi mengenai jenis tanaman herbal yang ternyata kaya manfaat.
Jenis tanaman herbal yang kaya manfaat ini adalah sejenis bunga yang berwarna merah yang familiar dengan nama teh rosella. Teh rosella atau hisbicus tea atau teh Yaman atau teh mekkah. Disebut juga Karkade (Arab), Kezeru (Jepang), Merambos Hijau (Jateng), Asam kesur (Meranjat), Kesew Jawe (Pagar Alam), Asam Jarot (Sp. Padang), Asam Rejang (Muara Enim) dan Hisbiscus Sabdariffa L. (Latin) merupakan jenis teh yang menjadi primadona pengobatan alternatif herbal.
Berdasarkan riset, tiap 100 gr mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2. Kandungan vitamin C 3 kali lipat anggur hitam, 9 kali lipat jeruk sitrus, 10 kali lipat lebih besar dari buah belimbing dan 2,5 kali lipat dibanding vitamin C dalam jambu biji (kelutuk). Selain itu Teh Rosella mengandung KALSIUM tinggi ( 486 mg / 100 gr) , Magnesium serta Omega 3. Teh Rosella juga diperkaya Vitamin A, Iron, Potasium, Beta Caroteen & Asam Esensial.
Bunga rosella ini lebih familiar dengan sebutan teh rosella dikarenakan cara penyajiannya lebih mirip seperti menyajikan teh.
Berdasarkan penelitian, beberapa manfaat dari teh merah ini diantaranya :
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  • Menormalkan kadar GULA DARAH , ASAM URAT dan KOLESTEROL dalam tubuh.
  • Baik untuk PEROKOK karena dapat mengurangi dampak negatif dari Nikotin serta dapat membasmi virus TBC dan mengurangi ketergantungan terhadap NARKOBA seta mencegah KANKER.
  • Mengatasi BATUK, Sakit Tenggorokan, Mengobati Sariawan.
  • Mengawetkan kehalusan kulit dan Mengurangi Keriput.
  • Dapat menurunkan berat badan, cocok untuk program diet.
  • Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri , anti virus serta dapat mengobati keracunan.
  • Bagi Anak-anak bermanfaat mempercepat pertumbuhan OTAK, karena mengandung OMEGA-3 dan memacu pertumbuhan DHA.
  • Memperbaiki metabolisme tubuh, memperlambat menopouse dan tulang keropos / pengapuran tulang.
Khasiat yang sebenarnya sangat dirasakan oleh saya setelah mengkonsumsi teh merah adalah sistem pencernaan lancar, meningkatkan daya tahan tubuh serta bangun tidur terasa lebih fresh.
Untuk menyajikan teh rosella ini biasanya saya hanya mencelupkan 4-5 kuntum bunga rosella kering ke dalam 1 gelas mug kecil berisi air panas, lalu tutup dan diamkan sekitar 5-10 menit, baru bisa di hidangkan dan diminum. Dalam penyajian bisa dicampur dengan gula ataupun madu (sesuai selera), tetapi dalam hal ini saya tidak menggunakan campuran apapun (agar lebih berasa). Teh merah ini akan lebih baik, jika dikonsumsi 2 kali sehari. Tetapi jangan heran kalau jenis teh ini akan terasa asam ketika diseduh dan diminum. Tetapi saya yakin setelah anda mengkonsumsi kurang lebih 1-2 minggu akan lebih terasa perubahan dalam diri anda karena saya telah membuktikannya.


5 komentar:

  1. buat yang suka teh ini emang enak rasanya, ndak melulu seperti rasa teh, mirip2 minuman segar gitu deh.
    Salam kenal juga dari kota yang sama.

    BalasHapus
  2. Rosella emng suegerrr tenan....... aq jg dah mengkonsumsinya selama 2 tahun....... salam juga kota Atlas

    BalasHapus
  3. bisa buat diet ga??? :D

    BalasHapus
  4. bisa banget tuh buat diet, asal teratur n rutin aja minumnya.

    BalasHapus