Selasa, 21 Juli 2009

Keinginan Untuk Jadi Orang Kaya

Sudah menjadi keinginan setiap orang untuk bisa hidup dengan mempunyai harta yang banyak dan hampir sebagian orang tahu bahwa untuk bisa hidup kaya salah satunya adalah dengan berwirausaha/berenterpreneurship. Tetapi hampir dari mereka masih bingung mengenai cara memulainya dan memiliki kendala dengan modal. Begitulah kira-kira keluhan yang saya terima dari salah satu teman SMU saya dulu yang berkunjung ke rumah saya saat saya sedang berada di Brebes.
Sesuai dengan beberapa pengalaman yang saya dapatkan dari beberapa orang yang telah memulai wirausahanya dan dari buku-buku yang telah saya baca, sayapun akhirnya memberikan semacam saran agar ketika akan memulai usaha itu harus benar-benar dilakukan dengan penuh totalitas atau tidak setengah-setengah. Berenterpreneurship pada dasarnya tidak butuh kerja keras jika memang telah mengetahui rule-nya, yang dibutuhkan adalah kerja cerdas, kesabaran dan keuletan.
Sebenarnya setiap orang memiliki kekuatan yang luar biasa yang telah diberikan oleh Allah SWT, tetapi kadang kita tidak menyadari itu, dalam buku yang saya baca yang berjudul The Power of Kepepet, setiap orang akan bisa menunjukkan kekuatan yang sesungguhnya jika dalam keadaan kepepet, contoh realnya, misalkan saja ada seorang karyawan dengan penghasilan yang minim, suatu ketika ditanya untuk bisa menyediakan uang sebesar Rp.20 jt besok kira-kira bisa apa tidak, dan dengan entengnya karyawan tersebut menjawab mana mungkin, uang dari mana? tetapi akan berbeda jika pertanyaannya diganti dengan " Anak anda sakit keras dan harus dioperasi, maka dari itu membutuhkan biaya Rp.20 jt besok", dan sontak karyawan tersebutpun langsung menjawab, akan saya usahakan, dan rata-rata mereka pun berhasil mendapatkan uang tersebut.
Begitulah manusia memang, kekuatan, kepandaian dan kelihaian akan ditunjukan ketika dalam keadaan kepepet. Dalam keadaan kepepet seolah apapun bisa dilakukan oleh setiap orang dan dalam keadaan kepepet pula seolah alam ini selalu mendukung dan merestuinya.
Hal tersebut akan sangat baik jika diaplikasikan ketika seseorang akan memulai wirausaha, ketika dalam keadaan kepepet setiap orang bisa menunjukkan kemampuan yang sebenarnya, bisa berbuat sesuatu dibawah kesadarannya, bisa melakukan sesuatu tanpa ada rasa malu ataupun gengsi.
Begitulah kira-kira yang saya sarankan kepada teman saya, saya sarankan agar menggadaikan motor satu-satunya itu jika memang memiliki kendala mengenai modal. Jika uang gadaian tersebut sudah ada dalam genggaman, saya yakin diapun akan berfikir cepat untuk memulai usahanya dan saya yakin idepun akan muncul dengan tiba-tiba seolah alam ini mendukung dan merestuinya. Saya pun menyarankan agar jangan terlalu banyak berfikir untuk memulainya karena yang terpenting adalah ACTION.

2 komentar:

  1. setiap kita butuh menthor, penyemangat, pemberi support, personal sharing, dan
    Mas Ginanjar salah satu diantaranya ...
    semangat terus ...

    BalasHapus
  2. Terima kasih pak, semoga bisa bermanfaat dan semoga Allah senantiasa memberi kemudahan bagi kita semua, amiin....

    BalasHapus